Sinopsis Film | Avatar (2009)

Genre : Fiksi, Adventure
Rilis : 18 Desember 2009
MPAA Rating : PG-13
Durasi : 160 menit
Box Office : $2.787.965.087 miliar

IMDb: 7.9/10 | Metacritic: 83% | Rotten Tomatoes: 83%

Cast & Crew

Sutradara : James Cameron
Produser : James Cameron, Jon Landau
Penulis : James Cameron
Produksi : Lightstorm Entertainment, Dune Entertainment, Ingenious Film Partners
Distribusi : 20th Century Fox

Pemeran : Sam Worthington (Jake Sully), Zoe Saldana (Neyitri), Sigourney Weaver (Dr. Grace Augustine), Stephen Lang (Colonel Miles Quaritch), Michelle Rodriguez (Trudy Chacón), Giovanni Ribisi (Parker Selfridge), Joel David Moore (Norm Spellman), CCH Pounder (Moat), Wes Studi (Eytukan), Laz Alonso (Tsu'tey), Dileep Rao (Dr. Max Patel), Matt Gerald (Corporal Lyle Wainfleet), Sean Anthony Moran (Private Fike)

Review

Film Avatar besutan sutradara James Cameron ini merupakan film spektakuler yang digadang-gadang dapat melampaui pendapatan Film Titanic ($2,186,772,302) dan dinobatkan sebagai film terlaris sepanjang masa berdasarkan sang distributor film, Twentieth Century Fox.
Setelah dirilis oleh 20th Century Fox pada 18 Desember 2009 di Amerika Serikat, kemudian selang 2 hari setelah perilisannya untuk penayangan di seluruh dunia, yakni 16 Desember, berhasil meraih pendapatan dari penayangannya diseluruh dunia yang begitu fenomenal, sebesar $2,787,965,087. Film Avatar tersebut rilis dengan format 2D dan 3D. Selain telah dirilis juga dalam IMAX 3D.

Film yang dibintangi oleh Sam Worthington dan Zoe Saldana ini, dari para kritikus film telah memperoleh kajian kritis yang cukup positif, terutama penilaiannya yang sangat memuji efek visual yang inovatif. Selama penayangan Film Avatar ini berlangsung di bioskop atau pun teater-teater di seluruh dunia, film ini telah berhasil memecahkan rekor box office dan menjadi film berpendatan tertinggi sepanjang waktu terutama di Amerika Serikat dan Kanada. Dan peraihan ini juga menjadikan Film Avatar sebagai film yang mendapatkan pendapatan lebih dari 2 miliar Dolar.

Avatar juga telah berhasil dinominasikan untuk 9 Academy Awards, termasuk Best Picture dan Best Director, dan memenangkan 3 kategori untuk Best Art Direction, Best Cinematography, dan Best Visual Effects. Peraihan beberapa penghargaan pada film tersebut pun berimbas kepada sutradara jempolan, Cameron, ia dikontrak penuh untuk pembuatan 3 sekuel film Avatar berikutnya. Dijadwalkan, Avatar 2 akan dirilis pada Desember 2018 mendatang, menyusul sekuel film Avatar lainnya pada Desmber 2020, 2022 dan 2023.

Sinopsis 

Sorang mantan marinir muda yang cacat akibat perang, Jake Sully (Sam Worthington), yang terpilih untuk melakukan program Avatar, dikirim ke sebuah dunia khayal bernama Pandora dalam mengemban misi yang unik. Jack menyusup kepada dunia koloni bertubuh biru dengan tinggi 10 kaki yang disebut suku Na'vi, dengan maksud mempengaruhi dan membujuk mereka agar memperoleh izin sang majikan menambang kekayaan alam Pandora.

Namun situasinya menjadi terbalik, apalagi setelah Jake bertemu dengan Neyitri (Zoe Saldana), antara mengikuti perintah atau melindungi dunia Pandora, yang ia sudah anggap sebagai rumah keduanya.

Behind the Scenes

Ternyata, sutradara James Cameron dalam membuat Film Avatar telah terinspirasi dari salah satu Gunung di wilayah Cina, setelah melihat hasil jepretan fotograper Hollywood saat melakukan perjalanan ke Cina pada tahun 2008, yakni Gunung Southern Sky Kolom.


Dan kini, Gunung Southern Sky Kolom telah diubah namanya secara resmi menjadi Avatar Haleluya Mountain. Gunung itu pun menjadi tujuan para turis untuk mengunjungi daerah dengan 'Sihir wisata ke Avatar Pandora' atau warga di sana menyebutnya sebagai 'Keajaiban wisata ke gunung Avatar yang terbang'.

Trailer Film 


Soundtrack Film Avatar 


Composer : James Horner
Label : Fox Music, Atlantic
Format : CD, Album
Negara : Amerika Serikat
Rilis : 15 Desember 2009
Genre : Pop, Classical, Score
Total Durasi : 98:36 menit

Daftar Track : 

1. "You Don't Dream In Cryo. ..." (6:09)
2. Jake Enters His Avatar World (5:24)
3. Pure Spirits Of The Forest (8:49)
4. The Bioluminescence Of The Night (3:37)
5. Becoming One Of "The People" Becoming One With Neytiri (7:43)
6. Climbing Up "Iknimaya - The Path To Heaven" (3:18)
7. Jake's First Flight (4:49)
8. Scorched Earth (3:32)
9. Quaritch (5:01)
10. The Desctruction Of Hometree (6:47)
11. Shutting Down Grace's Lab (2:47)
12. Gathering All The Na'vi Clans For Battle (5:14)
13. War (11:21)
14. I See You (Theme From Avatar) (4:20)

Postingan populer dari blog ini

Sinopsis Film | Finding Nemo (2003)

Sinopsis Film | Up (2009)

Sinopsis Film | Twilight (2008)